Budaya Orang Jepang Yang Bisa Membuat Sukses! Patut Ditiru!

by Vana Viana

Budaya Orang Jepang Yang Bisa Membuat Sukses! Patut Ditiru!

Negara Jepang memang terkenal dengan budayanya yang disiplin. Negara ini juga termaksud kedalam negara maju yang ada di dunia. Tak disangka – sangka budaya dari orang Jepang ternyata menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kehidupan perekonomian mereka. Kedisiplinan yang ada di negara sakura ini adalah salah satu hal yang patut ditiru oleh negara lain. Budaya Jepang juga membuktikan membuat orang sukses, sangat patut loh untuk Smart People tiru!

Apa saja budaya atau kebiasaan orang Jepang yang bisa memotivasi kamu untuk menjadi orang sukses? Ini dia!

 

  1. Menjaga Loyalitas

Budaya jepang yang bisa buat orang jadi sukses yang pertama adalah loyalitas. Loyalitas di negeri ini sangat diutamakan. Jika karyawan biasa di negara lain suka berpindah – pindah tempat kerja, berbeda dengan di negara Jepang. Dipercayai bagi Jepang menjaga loyalitas akan mendapatkan jenjang karir dan penghasilan yang lebih baik bagi karyawannya. Jadi di Jepang, walupun fresh graduate pun akan tetap setia pada perusahaan pertama yang mereka masuki untuk mencari pengalaman bekerja.

 

  1. Selalu Menghadapi Tantangan

Berbagai macam tantangan atau cobaan yang mereka terima pasti mereka tidak akan menyerah bahkan mereka akan selalu mencoba untuk bangkit kembali. Sudah terbukti ketika tragedi bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, selain itu juga musibah Tsunami pada tahun 2011. Walaupun negara Jepang bisa dibilang sudah mengalami kerusakan yang tidak terduga, mereka tetap akan bangkit dan menjalani semua tantangan tersebut.

 

  1. Kerja Sama Tim Yang Baik

Jika biasanya beberapa orang merasa tidak nyaman untuk bekerja secara tim, justru di negeri sakura ini merasa lebih senang bekerja secara tim dibandingkan bekerja sendiri. Jepang mempercayai jika menghadapi masalah yang sulit bersama – sama dengan tim akan terasa lebih ringan dan juga dapat lebih cepat diselesaikan. Masalah yang besar tersebut juga dapat membuat tim menjadi lebih solid lagi.

 

  1. Tepat Waktu

Diantara Smart People pasti sudah tahu bahwa di Jepang sudah terkenal dengan orang – orang yang tepat waktu. Satu menit saja sangat berguna untuk masyarakat di sana. Jangankan tepat waktu, orang Jepang biasanya akan datang lebih cepat untuk menghadiri sebuah pertemuan. Selain itu, untuk makan saja orang Jepang cepat melakukannya. Karena bagi orang Jepang waktu sangatlah berharga. Jadi, mereka tidak akan menyia – nyiakan waktu yang ada.

 

  1. Berinovasi Dan Memperbaiki Kesalahan

Rahasia sukses ala orang Jepang adalah mereka selalu berinovasi, tidak heran jika Jepang menjadi patokan negara lainnya di dalam bidang teknologi dan informasi. Walaupun bukan negara penemu, namun mereka dapat mengembangkan suatu hal menjadi ide yang brilliant. Selain itu, jika terjadi kesalahan, masyarakat Jepang selalu berusaha untuk memperbaiki kesalahan sampai benar dan dapat diterima oleh banyak orang. Mereka juga tidak lupa diri walaupun sudah menjadi negara maju, mereka tetap berinovasi menjadi lebih baik lagi.

 

  1. Hidup Hemat

Bukan pelit, namun mereka berhemat. Berhemat bagi mereka adalah mengelola dana, berbeda dengan negara lainnya yang hanya mengutamakan gengsi untuk terlihat kaya. Gaya hidup di Jepang sangatlah sederhana, mereka lebih memilih untuk menabung uangnya dibandingkan untuk berfoya – foya. Bahkan mereka rela untuk bepergian hanya menggunakan sepeda ketimbang menggunakan mobil walaupun mereka dikenal sebagai produsen mobil – mobil mewah. Mereka lebih memilih untuk menabung, berinvestasi dan menghabiskan uang hanya untuk kebutuhan yang penting saja. Ini dia salah satu budaya jepang yang bisa buat orang menjadi sukses.

 

Itu dia tips sukses ala orang Jepang, budaya yang mereka terapkan berhasil membuat masyarakatnya menjadi masyarakat yang mandiri secara finansial. Perlu kamu ketahui juga orang Jepang bekerja dengan semangat, kerja keras yang mereka keluarkan berkali – kali lipat dibandingkan masyarakat negara lain. Smart People, budaya orang Jepang perlu kamu contoh yang bisa kamu menjadi lebih sukses dan berhasil!

 



Whatsapp
Call Now