Tips Sederhana Tingkatkan Produktivitas Kerja

by Feb Lonk

Tips Sederhana Tingkatkan Produktivitas Kerja

Berbicara tentang bagaimana dunia kerja yang sukses, maka erat kaitannya dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Produktivitas tinggi tentunya sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan berjenis startup yang ingin berkembang. Dengan adanya produktivitas yang tinggi potensi meraup pemasukan yang lebih tinggi pun semakin besar. Namun, dalam meningkatkan produktivitas di lingkungan kerja bukan hal yang mudah. Di samping perusahaan harus meluncurkan produk, agar membuat investor terkesan, untuk mewujudkan keinginan klien, tentunya juga harus sadar bahwa ada hal lain yang harus diperhatikan. Seperti misalnya tekanan yang terus bertambah, serta tugas-tugas yang selalu harus diselesaikan dengan cepat setiap harinya.

Lakukan hal ini untuk bisa menjadi lebih produktif.

Tetapkan tujuan

Dalam menetapkan tujuan mungkin akan terdengar seperti hal kecil. Namun nyatanya hal yang dianggap remeh ini justru bisa memberi dampak besar terhadap kinerja perusahaan. Dengan menginvestasikan waktu, tentunya perlu menetapkan agenda, mengimplementasikan agenda tersebut, dan menilai semuanya apakah bisa berjalan ke arah yang benar. Tetapkanlah tujuan dalam jangka panjang perusahaan agar saat menghadapi sebuah masalah, bisa segera menemukan jalan keluar.

Pertimbangkan kembali cara Anda menggunakan waktu

Yang menjadi tips selanjutnya dalam meningkatkan produktivitas adalah mempertimbangkan waktu yang digunakan. Dengan mengaplikasikannya tips ini, tentunya akan membantu untuk menjadi benar-benar tahu ke mana perginya waktu yang dikeluarkan. Selain itu, bisa tentukan prioritas pada kegiatan yang lebih penting dan memberi dampak yang lebih besar terhadap perusahaan.

Alokasikan waktu dan sumber daya dalam pengembangan strategi

Produktivitas adalah masalah mengatur diri sendiri untuk mencapai tolok ukur dan tonggak kualitatif, di luar kuantitas. Maka dari itu adanya tuntutan untuk mengalokasikan waktu dan sumber daya untuk mengtahui apa yang berhasil dicapai dan mengetahui apa yang tidak berfungsi, itu yang menjadi kunci produktivitas. Untuk mengetahui apakah sudah megalokasikan waktu dan sumber daya dengan tepat adalah dengan melihat seberapa dekat dengan tujuan yang telah ditetapkan untuk beberapa tahun ke depan.

Hilangkan gangguan

Sebaik apa pun dalam merencanakan pekerjaan, semua itu tidak akan membantu apabila terjadi banyak gangguan. Salah satu solusi yang sekiranya bisa diterapkan yaitu harus menghilangkan gangguan-gangguan yang berpotensi akan muncul sehingga bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Untuk tujuan tersebut, beberapa cara di bawah ini mungkin cocok bagi Anda:

  • Label “Jangan Menggagu”
  • Senyapkan telepon genggam
  • Mengatur ulang rapat yang tidak diperlukan

Mendelegasikan tugas yang kurang penting

Tips lain yang bisa dilakukan dengan mendelegasikan tugas-tugas yang sekiranya kurang penting untuk dikerjakan, serta kurangi pendelegasian yang kurang penting kepada bawahan (apabila anda seorang atasan). Tentunya penting karena akan membuat fokus terhadap pekerjaan penting yang membutuhkan konsentrasi dan waktu.

Weekly Review

Selanjutnya dalam meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan melakukan mengkaji ulang mingguan. Aktivitas ini mudah dilakukan karena tinggal membandingkan pekerjaan yang selesai dengan target atau rencana pekerjaan. Jika target pekerjaan belum terselesaikan, ketahui apa yang menjadi penyebabnya. Di hari-hari yang akan datang, hindari penyebab tersebut sehingga bisa menjadi lebih produktif.

Dalam meningkatkan produktivitas kerja memang membutuhkan strategi tertentu. Perlu mencobanya dengan beragam cara sehingga menemukan cara yang cocok untuk menjadi lebih produktif.

Tidak ada salahnya apabila mencoba cara-cara diatas dan menerapkannya dalam dunia kerja karena hal tersebut akan membantu menjadi lebih efisien dan memiliki nilai tambah di perusahaan.



Whatsapp
Call Now