Melamar Pekerjaan? Ini Jawaban Yang Tepat

by Feb Lonk

Melamar Pekerjaan? Ini Jawaban Yang Tepat

Beberapa pertanyaan memang cukup bergantung pada preferensi kamu sebagai kandidat. Namun , ada beberapa pertanyaan lain yang pasti butuh jawaban akurat, salah satunya adalah alasan dalam melamar pekerjaan.

Pertanyaan seperti misalnya, “Mengapa kamu memilih melamar di posisi pekerjaan ini?” pertanyaan ini akan selalu ada dari daftar pertanyaan interviewer. Bagi pihak interviewer dan perusahaan, pertanyaan ini penting agar mereka mengtahui tujuan dan memberi ekspektasi kamu terhadap perusahaan.

Alasan melamar pekerjaan yang dipersiapkan pun pastinya akan beragam. Tetapi, ketahuilah ada beberapa alasan melamar pekerjaan yang cukup tepat untuk menjadi acuan dan dijadikan jawaban.

Berikut penjelasan tentang alasan melamar pekerjaan yang tepat!

“Saya ingin bergabung karena perusahaan ini salah satu leading company dalam bidang perbankan”

Bekerja di sebuah bank adalah salah satu yang prosesnya cukup panjang, maka saat sesi interview kamu harus dengan jelas memberikan keyakinan alasan melamar pekerjaan di bank tersebut. Kamu juga bisa mengimprovosasi alasan melamar pekerjaan di bank tersebut karena memang kamu sangat memerhatikan dalam peningkatan dan pertumbuhan di bidang tersebut.

“Saya ingin turut serta berperan dalam pembangunan termasuk jika harus bertugas di daerah atau luar pulau.”

Pada saat interview di BUMN atau Kementerian lainnya, dengan alasan melamar pekerjaan ini tepat untuk dijadikan acuan. Apabila masuk ke dalam lingkungan kerja ini tentu menjadi impian yang diupayakan oleh banyak orang pastinya, mulai dari yang fresh graduate ataupun yang sudah punya pengalaman kerja. Jika kamu sudah sampai pada tahap wawancara, maka kesempatan berharga ini harus dimanfaatkan dengan sangat baik. Dengan alasan melamar pekerjaan sekaligus meyakinkan interviewer bahwa kamu benar-benar serius ingin mendedikasikan lewat posisi yang kamu lamar.

“Perusahaan dan posisi ini bisa memberikan dampak untuk kedepannya  secara signifikan.”

Salah satu tujuan bagi interviewers tentunya akan menanyakan alasan mengapa anda ke tempatnya adalah untuk mengetahui seberapa besar kamu ingin berkontribusi pada perusahaan melalui pekerjaan yang diberikan kedepannya. Jika kamu sebagai pelamar pekerja bisa memberikan alasan ini dengan keterangan jelas bahwa kamu sangat berpotentsi dan bisa disalurkan melalui perusahaan terkait, tentunya interviewer pastinya akan tertarik untuk mendengar alasan melamar pekerjaan kamu ini.

“Bidang retail menjadi lapangan kerja yang challenging

Bayangkan apabila kamu yang menjadi HRD dari perusahaan tersebut dan mendengar pelamar kerja dengan sangat yakin memberikan alasan anda ingin bekerja di perusahaan retail karena suka dengan tantangannya.

Yang berlatar belakang pendidikan bisnis sekalipun belum tentu mau mencoba dan berani dalam mengambil sektor retail karena jam kerja yang padat dan target penjualan yang harus dicapai, tentunya sangat menguras tenaga.

Tapi jika kamu sangat berambisi dan memang miliki passion dalam bidang tersebut dan ingin masuk ke perusahaan tersebut, beritahu kepada pihak HRD bahwa kamu adalah sosok yang sangat dicari untuk menerima tantangan kerja tersebut.

“Saya ingin berkarir dalam bidang ini karena memiliki potensi”

Yakinkan pihak interviewers dengan menjelaskan seberapa besar pencapaianmu pada perusahaan sebelumnya. Jangan lupa untuk menjelaskan industri dari perusahaanmu sebelumnya juga ya.

“Saya menyadari kalau perusahaan ini sedang berkembang dengan pesat dan ingin menjadi bagian dalam bisnis yang tengah berkembang”

Jawaban ini akan sangat tepat apabila kamu tertarik pada suatu perusahaan startup yang baru saja menerima pendanaan atau tengah mengejar hal tersebut, dengan memaksimalkan jawaban ini kamu juga perlu meyakinkan interviewers bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk masuk ke dalam kultur perusahaan yang dinamis dan mungkin cenderung ketat dalam sisi deadline, dikarenakan perkembangan yang secara signifikan yang akan terjadi.

Jawaban-jawaban tadi yang bisa dijadikan contoh alasan melamar pekerjaan yang terlihat simpel namun spesifik dan terbilang profesional.

Itu tadi yang sekiranya bisa membantu kamu dalam menjawab pertanyaan dari interviewers. Kamu bisa gunakan cara yang paling sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhanmu, yang terpenting kamu tidak akan khawatir dan cemas lagi ketika akan ditanya alasan melamar pekerjaan oleh interviewers.



Whatsapp
Call Now