Cara Menjaga Kesehatan Bagi Pekerja Kantoran

by rudi

Cara Menjaga Kesehatan Bagi Pekerja Kantoran

Menjaga kesehatan bagi pekerja kantoran secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas kerja dan hasil kerja.

Ketika Anda memilih profesi sebagai pekerja kantoran, banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Selain penghasilan tetap setiap bulannya, jam kerja Anda pun lebih teratur dibandingkan jenis pekerjaan lainnya. Namun, setiap pekerjaan pasti ada risikonya. Sebagian pekerja kantoran menghabiskan waktu lama untuk duduk dan menatap komputer. Meskipun terlihat sederhana, aktivitas tersebut bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan apalagi bila tak diimbangi dengan pola makan yang sesuai. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar kesehatan bagi pekerja kantoran bisa terjaga.

  1. Tetap Aktif Bergerak

    Minimal waktu kerja yang dihabiskan para pekerja di kantor adalah 8 jam setiap harinya. Itu berarti, selama itu pula mata harus terus menatap komputer. Durasinya bisa semakin bertambah apalagi bila ada pekerjaan tambahan yang harus diselesaikan.

    Rasa pegal sering sekali menyerang para pekerja kantoran dan dapat mengganggu konsentrasi ketika kerja. Karena itu, tetaplah aktif meskipun sementara berada di kantor. Anda bisa memulai pagi dengan menambah jarak berjalan kaki. Parkir kendaraan pribadi Anda di tempat yang lebih jauh dari pintu masuk agar Anda dapat bergerak lebih lama. Alangkah baiknya memilih fasilitas tangga ketika hendak menuju tempat lain dari pada menggunakan lift.

    Di sela-sela waktu kosong, Anda dapat melakukan gerakan stretching ringan untuk melemaskan otot-otot yang kaku. Misalnya menggerakan kepala ke kiri dan kanan atau meregangkan kaki selama beberapa saat. Tubuh Anda pun akan kembali segar seketika.

  2. Jangan Lupa Minum Air Putih

    Air putih merupakan minuman yang wajib dikonsumsi setiap orang. Dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup, bisa menghindarkan Anda dari gangguan dehidrasi serta kehilangan konsentrasi selama bekerja.

    Kadang ketika berada di dalam ruangan yang memiliki AC, Anda jarang merasa kehausan. Padahal tubuh terus menerus membutuhkan air untuk memperlancar metabolisme. Karena itu, sebaiknya minumlah air putih maksimal 8 gelas sehari untuk memelihara kesehatan.

  3. Jaga Pola Makan

    Cara yang ampuh untuk mewujudkan kesehatan bagi pekerja kantoran adalah menjaga pola makan. Tak bisa dimungkiri, di sekitar lingkungan kantor tersedia banyak menu makanan yang enak juga murah. Apalagi sekarang layanan pesan antar makanan sudah menjamur. Namun sebelum memesan, pastikan makanan tersebut sehat bagi tubuh. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi junk food. Sekarang banyak restoran cepat saji yang juga menyediakan menu makanan sehat.

    Jangan lupa untuk mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Lebih baik memilih kopi atau teh tanpa gula dari pada memesan milk shake. Kemudian ganti camilan seperti donat atau gorengan dengan potongan buah atau cokelat hitam. Membawa bekal dari rumah pun bisa menjadi alternatif bila ingin memiliki pola makan yang sehat.

  4. Jaga Kebersihan

    Siapa sangka ternyata meja kerja di kantor memiliki kandungan bakteri seratus kali lebih banyak daripada yang ada di dudukan toilet. Karena itu, aturlah area kerja Anda agar selalu rapi.

    Bersihkan debu yang menempel setiap hari, sebelum mulai atau seusai kerja. Meskipun di kantor ada cleaning service, namun tak menjamin bila mereka telah membersihkan area duduk Anda dengan maksimal.

    Sementara untuk menjaga kebersihan pribadi, pastikan Anda mencuci tangan bila hendak makan atau melakukan kontak fisik dengan orang yang sedang sakit. Meskipun sering dianggap sepele, namun mencuci tangan dapat membantu Anda terhindar dari banyak penyakit serius.

    Anda bisa menggunakan sabun cuci tangan yang tersedia di kamar mandi kantor atau bawalah hand sanitizer agar lebih praktis.

Kesehatan bagi pekerja kantoran juga merupakan hal penting untuk selalu dipelihara. Karena itu, tetapkan komitmen dan disiplinkan diri untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat.



Whatsapp
Call Now