5 Tips Menyewa Kantor dengan Bujet Terbatas di Tahun 2019

by rudi

5 Tips Menyewa Kantor dengan Bujet Terbatas di Tahun 2019

Menyewa kantor dengan bujet terbatas memang menyulitkan, tapi tetap bisa Anda lakukan dengan tips ini.

Memulai sebuah bisnis khususnya startup dengan dana atau modal pas-pasan sangat susah salah satunya menyewa kantor dengan bujet terbatas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mampu bertahan dan berkembang. Beberapa masalah di awal bisnis seperti mencari pembeli, memasarkan produk, hingga menyewa kantor akan sedikit memusingkan meski tetap bisa diatasi.

Kalau Anda kebetulan sedang butuh menyewa kantor dengan bujet terbatas untuk bekerja, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk acuan. Simak poin di bawah ini dan gunakan yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Bisa Patungan dengan Startup Lain

    Menyewa kantor adalah permasalahan yang dialami oleh hampir semua startup dengan modal kecil. Kalau Anda memulai bisnis dari bawah dan ingin terlihat lebih profesional, bisa menyewa sebuah kantor. Kalau menyewa sendiri tidak kuat dengan biayanya bisa patungan dengan pemilik startup lain yang sama-sama menghadapi masalah sama.
    Misal di sebuah gedung ada satu lantai yang sangat luar dan bisa digunakan untuk 3-4 startup. Anda bisa menyewa bersama-sama. Selama ada ruangan tersendiri dan privasi masing-masing perusahaan terjaga, kenapa tidak. Mulai saat ini coba mencari incaran kantor dan ajak beberapa rekan yang kemungkinan membutuhkan kantor juga untuk memulai bisnis.

  2. Mencari Virtual Office

    Kalau dalam pencarian kantor Anda tetap tidak menemukan yang sesuai dan juga tidak ada rekan yang mau menyewa bersama. untuk sementara bisa menggunakan virtual office. Saat ini banyak sekali penyedia virtual office yang menyewakan ruangan untuk sebuah perusahaan dengan durasi waktu tertentu.
    Menyewa kantor di virtual office memiliki biaya yang cenderung lebih murah. Selain itu ada layanan legal yang diberikan sehingga Anda tidak perlu kebingungan saat ingin mengurus ini dan itu. Terakhir, tidak ada kontrak sewa yang lama di sini. Kalau Anda bosan dan ingin suasana baru bisa langsung pindah begitu saja.

  3. Mengontrak Rumah yang Murah

    Saat ini tidak sedikit perusahaan kecil yang lebih memilih untuk mengontrak rumah dengan biaya yang murah. Menyewa kantor dengan cara ini akan menurunkan bujet tahunan dan bisa membuat Anda mengumpulkan banyak pekerja dalam satu tempat.
    Yang paling penting ketika menyewa kantor dalam bentuk rumah ini adalah ruangannya banyak dan cukup lebar. Ruangan yang lebar bisa digunakan untuk bekerja bersama-sama dengan banyak orang. Tahun depan kalau kontrak habis Anda bisa memperpanjang atau pindah ke lokasi lain.

  4. Menjalin Kerja Sama dengan Rekanan yang Memberikan Ruangan

    Kalau Anda bisa menjalin kerja sama dengan rekanan bisnis yang kebetulan memiliki banyak tempat kosong, mintalah tolong untuk memberikan tempat. Anda tetap membayar sewanya dan tidak menumpang. Biasanya harga sewa yang diberikan tidak akan terlalu tinggi. Apalagi kalau kedua belah pihak memiliki kepentingan yang penting.

  5. Tidak Memilih Kantor di Lokasi Strategis

    Menyewa kantor di lokasi strategis akan membuat Anda mengeluarkan banyak biaya. Selama kegiatan bisnis tidak membutuhkan akses yang mudah, Anda bisa menyewa di pinggiran kota. Yang penting komunikasi dengan klien bisa berjalan dengan baik, pekerjaan lancar, luas, dan semua orang bisa bekerja dengan nyaman. Kelak kalau perusahaan sudah maju barulah Anda bisa menyewa kantor di kawasan bisnis.

Menyewa kantor memang membutuhkan dana yang besar. Namun, kalau Anda bisa menyiasatinya, masalah ini tidak akan menjadi hambatan sehingga Anda tetap bisa menyewa kantor dengan bujet terbatas untuk bekerja dan membangun tim yang solid.



Whatsapp
Call Now